Minggu, 08 Juli 2012

Anak Jalanan


Di tengah ketiadaan pengertian untuk anak jalanan, dapat di temui adanya pengelompokan anak jalanan berdasarkan hubungan mereka dengan keluarga. Pada mulanya ada dua kategori anank jalanan, yaitu anak2 yang turun ke jalan dan ank2 yang ada di jalan. Namun pada perkembangannya ada penambangan kategori, yaitu anak2 dari keluarga yang ada di jalan.
pengertian untuk kategori pertama adalah ank2 yang mempunyai kegiatan ekonomi di jalan yang masih memiliki hubungan dengan keluarga.
Ada dua kelompok anak jalanan dalam kategori ini, yaiutu anak2 yang tinggal bersama orang tuanya dan senantiasa pulang kerumah setiap hari, dan anak2 yang melakukan kegiatan ekonomi dan tinggal di jalan namun masih mempertahankan hubungan dengan keluarga dengan caa pulang baik berkala ataupun dengan jadwal yang tidak rutin.
Kategori kedua adalah anak-anak yang menghabiskan seluruh atau sebagian besar waktunya di jalanan dan tidak memiliki hubungan atau ia memutuskan hubungan dengan orangtua atau keluarganya.
Kategori ketiga adalah anak-anak yang menghabiskan seluruh waktunya di jalanan yang berasal dari keluarga yang hidup atau tinggalnya juga di jalanan.

Kategori keempat adalah anak berusia 5-17 tahun yang rentan bekerja di jalanan, anak yang bekerja dijalana, dan/atau yang bekerja dan hidup dijalanan yang menghabiskan sebagaian besar waktunya untuk melakukan kegiatan hidup sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar